JAHE by Organik Share

http://organ1k.blogspot.com
Jahe

 Organik Share Berbagi Manfaat dan Khasiat  dari Alam -   JAHE ( Zingiber Officinale ), yaitu tanaman rimpang yang amat popular sebagai rempah-rempah serta bahan obat. rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasanya dominan pedas dikarenakan senyawa keton bernama zingeron. Jahe Jahe termasuk dalam suku zingiberaceae. nama ilmiah jahe didapatkan dari william roxburgh,  dari kata yunani zingiberi, dari bahasa sanskerta singaberi. jahe diperkirakan Berasal dari wilayah India. tetapi ada juga yang meyakini bahwa jahe Berasal dari Republik Rakyat Cina Selatan. Jahe dibawa dari India sebagai rempah perdagangan hingga sampai ke Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, sampai Timur Tengah. Pada zaman Kolonialisme, Jahe yang dapat memberikan rasa hangat serta pedas pada makanan segera jadi komoditas yang popular di eropa. 

Batang jahe adalah batang semu dengan tinggi 30 sampai 100 cm. akarnya berupa rimpang dengan daging akar berwarna kuning sampai kemerahan dengan bau menyengat. daun menyirip dengan panjang 15 sampai 23 mm serta panjang 8 sampai 15 mm. Tangkai daun berbulu halus. Bunga jahe tumbuh dari didalam tanah berupa bulat telur dengan panjang 3, 5 sampai 5 cm serta lebar 1, 5 sampai 1, 75 cm. Gagang bunga bersisik sejumlah 5 sampai 7 buah. Bunga berwarna hijau kekuningan. bibir bunga serta kepala putik ungu. tangkai putik berjumlah dua.  

Sistematika Tanaman Rimpang Jahe : 
Divisi    : Spermatophyta 
Subdivisi   : Angiospermae 
Kelas     : Monocotyledonae 
Ordo     : Musales 
Family   : Zingiberaceae 
Genus    : Zingiber 
Spesies   : officinale


Dikarenakan jahe cuma dapat bertahan hidup di tempat tropis, penanamannya cuma dapat dikerjakan di tempat katulistiwa seperi asia tenggara, brasil, serta afrika. Sekarang ini equador serta brasil jadi pemasok jahe terbesar didunia. 
http://organ1k.blogspot.com
Rimpang Jahe

Rimpang jahe, terlebih yang dipanen pada usia yang masih muda tidak bertahan lama disimpan di gudang. Karenanya dibutuhkan pengolahan secepatnya supaya terus layak dikonsumsi. untuk memperoleh rimpang jahe yang berkwalitas, jahe dipanen Pada usia tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua. Jahe tumbuh subur di ketinggian 0 sampai 1500 mtr. Diatas permukaan laut, Kecuali Jenis  jahe gajah di ketinggian 500 sampai 950 meter. untuk dapat berproduksi maksimal, diperlukan curah hujan 2500 sampai 3000 mm per tahun, kelembaban 80% serta tanah lembab dengan ph 5, 5 sampai 7, 0 serta unsur hara tinggi. tanah yang dipakai untuk penanaman jahe tidak boleh tergenang Air.


semoga apa yang Organik Share Berbagi Manfaat dan Khasiat  dari Alam tulis bisa Bermanfaat untuk kita semua

0 comments:

Post a Comment

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter