BUAH KURMA By Organik Share

Organik Share - Buah yang dihasilkan oleh pohon kurma dikenal serta juga sebagai buah kurma. Bentuk buahnya lonjong-silinder dengan panjang 3-7 centimeter, berdiameter 2-3 cm dan dikala masih muda warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jenisnya. Kurma memiliki biji tunggal yang ukuran panjangnya kurang lebih 2-2,5 centimeter dan tebalnya 6-8 milimeter. Jenis buah Kurma ini tergantung pada kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa. Buah Kurma dikelompokan menjadi tiga golongan penting yakni : 
  • lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), 
  • semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan 
  • kering (contohnya 'Thoory'). 
Pohon kurma adalah tanaman kategori dioecious, merupakan memiliki tanaman jantan dan betina yang hidup secara terpisah. Mereka mampu tumbuh bersama gampang dari dapat biji, namun hanya 50% tanaman betina yang ditanam secara pembibitan mampu berbuah, dan menghasilkan buah yang kecil juga berkwalitas rendah. Sebagian besar perkebunan memakai perkembangbiakan stek pada tanaman, terutama terhadap kultivar 'Medjool' lantaran bisa menghasilkan panen yang banyak pula buah yang manis dan Besar. Tanaman yang tumbuh dari cara stek dapat berbuah 2-3 th lebih awal daripada tanaman yang memakai bibit. 

Pembuahan dengan serbuk sari pada pohon kurma dilakukan dengan trik alami oleh angin tapi kepada perkebunan oasis tradisional dan perkebunan trendi, penyerbukan dilakukan secara manual. Penyerbukan alami pada tanaman jantan dan betina, dapat berlangsung bersama jumlah yang sama antara kedua tanaman. Namun, seandainya dilakukan dgn bantuan, satu tanaman jantan bisa menyerbuki hingga 100 tanaman betina. Tanaman jantan yang yakni pun yang merupakan penyerbuk, mengizinkan para petani menggunakan sumber daya mereka utk memproduksi lebih banyak buah kepada tanaman betina. 

Beberapa petani bahkan tidak memelihara Pohon Kurma jantan, yang merupakan penghasil bunga jantan Kurma, karena sudah tersediakannya di pasar lokal pada saat musim penyerbukan. Penyerbukan manual dikerjakan oleh pekerja terampil dengan memanfaatkan bantuan tangga untuk naik ke atas pohon. Dibeberapa daerah seperti didaerah Irak, para pekerja memanjat pohon Kurma dengan menggunakan sarana pemanjat khusus, di mana media tersebut mengitari batang pohon kurma dan membuat pendaki merasa aman dan nyaman waktu mendaki. 

Buah Kurma matang dibagi menjadi empat golongan, yang mana dikenal di seluruhnya dunia dengan menggunakan penamaan Arab yaitu: 
  • Kimri (muda), 
  • Khalal (berukuran penuh), 
  • Rutab (matang, lembut), 
  • Tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari). 

Setiap 100 gram kurma segar dapat mengandung sumber vitamin C dan energi sebesar 230 kcal (960 KJ). Air yang terkandung dalam kurma relatif sedikit dan faktor ini tidak menjadikannya jauh lebih pekat pada ketika proses pengeringan berlangsung, meskipun vitamin C-nya akan hilang. 

Kurma adalah tanaman tradisional yang penting di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara sampai ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma dan yogurt atau susu merupakan makanan tradisional yang utama untuk berbuka puasa pada bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool dan Deglet Noor) dibudidayakan di Amerika Serikat diwilayah selatan California, Arizona dan bagian selatan Florida. 

Pohon kurma akan berbuah setelah ditanam selama 4 sampai 7 tahun dan akan dipanen saat telah berusia 7 sampai 10 tahun. Pohon kurma yang telah dewasa dapat menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma terhadap setiap periode panennya. Biar mendapatkan buah yang berkualitas untuk dapat dipasarkan, tandan kurma harus ditipiskan dan dibungkus atau ditutup sebelum matang supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar dan terlindungi dari cuaca dan hama, seperti burung.

Demikian yang bisa kami Share tentang Pembahasan Kurma di Organik Share

Salam Sukses Selalu

1 comments:

Claunsdira Gohara said...

mari bermain bersama kami di ION QQ , COM ...
banyak hadiah dan bonus yang menanti anda.
pin BB 58ab14f5.

Post a Comment

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter