SELASIH by Organik Share

Organik Share Berbagi Manfaat dan Khasiat  dari Alam -  Selasih, tlasih, basil, atau basilikum (Ocimum) adalah Satu jenis tanaman yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum). Beberapa bagian dari tumbuhan ini berbau dan mempunyai rasa yang khas, kadang-kadang langu, harum, atau manis, tergantung kultivarnya. Beberapa di antaranya bahkan dapat membuat mabuk. Beberapa jenis selasih, misalnya kemangi, berasal dari Asia Tenggara, namun sebagian besar dianggap berasal dari anak benua India.
http://organ1k.blogspot.com/
Selasih

Orang Eropa secara tradisional mengenalnya  O. basilicum ("basil" atau "sweet basil") sebagai rempah yang diwariskan dari tradisi Yunani Kuno. Di India, selasih yang paling dikenal adalah "tlasi" atau "tulasi" ("holy basil", O. tenuiflorum syn. O. sanctum). Nama Melayu selasih diambil dari nama ini melalui bahasa Sanskerta. Warga Indocina dikenal menggunakan berbagai kultivar selasih. Di Thailand dan negara-negara lain setempat dikenal "horapa" ("Thai basil", O. basilicum convar. Thyrsiflorum) dan "manglak" ("Thai lemon basil", O. ×citriodorum). Horapa populer sebagai bagian dari menu Vietnam, misalnya pada sup sapi. Manglak dikenal di Indonesia sebagai kemangi.

http://organ1k.blogspot.com/
Bunga Selasih
Kandungan yang ada pada selasih antara lain ocimene, 1,8 cineole, eucalyptole, linalool, geraniol, limonene, methylchavicol, eugenol, eugenol meti eter, anethole, metil cinnamate, 3-hexen-1-01, 3-octanone, dan furfural. Biji tanaman anggota famili Labiatae itu mengandung planteose serta asam lemak ( asam palmitat, asam oleat, asam stearat, dan asam linoleat ).

Selasih bersifat pedas, hangat dan wangi. Tanaman itu merangsang penyerapan, peluruh keringat, peluruh kencing, pelancar peredaran darah, penghilang sakit, dan pembersih racun. Biji bersifat manis, pedas, sejuk. Bijinya berfungsi sebagai obat radang mata dan bercak putih pada selaput bening mata. Selasih diperbanyak dengan biji. Pemeliharaan tanaman mudah, perlu cukup air dengan cara penyiraman yang memadai, menjaga kelemban, dan pemupukan terutama pupuk dasar.
http://organ1k.blogspot.com/
Kumpulan Biji Selasih

Klasifikasi Selasih
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas: Asteridae
                         Ordo: Lamiales
                             Famili: Lamiaceae
                                 Genus: Ocimum
                                     Spesies: Ocimum basilicum L.
                                         Nama Inggris : Sweet basil, French basil, RĂ©union basil
                                            Nama Indonesia : Selasih, kemangi,


Manfaat dan khasiat lainnya dari tumbuhan Selasi Daun selasih memiliki bau yang sangat tajam sehingga jika tercium agak lama akan mengakibatkan mual dan pening. Bau daun ini juga dapat mengusir nyamuk dan serangga

semoga apa yang Organik Share Berbagi Manfaat dan Khasiat  dari Alam tulis bisa Bermanfaat untuk kita semua

0 comments:

Post a Comment

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter