WEDANG JAHE by Organik Share


http://organ1k.blogspot.com
Wedang Jahe
Organik Share Berbagi Manfaat dan Khasiat  dari Alam -  Saat malam menjadi dingin, paling enak kalau dihangatkan dengan minuman jahe. Bahkan bagi Kita yang sedang masuk angin, dengan minum wedang jahe,  dijamin badan menjadi lebih baik. Tapi kalau sekedar hangat saja nggak cukup, kita juga membutuhkan sebuah minuman yang enak rasanya. Hmmm…apa ya…, Sesuai Judul Postingan ini tentunya  WEDANG JAHE. Apalagi masuk angin, minuman wedang jahe di tambah beberapa rempah-rempah lain ini selain Nikmat juga bisa menolong untuk mengeluarkan angin dari tubuh kita. Dan yang pasti badan akan terasa hangat  Di antara beberapa manfaat dan Khasiat Wedang Jahe untuk Kesehatan tubuh adalah :

  1. Menurunkan tekanan darah. Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir dengan cepat dan lancar, serta memperingan kerja jantung memompa darah.
  2. Membantu pencernaan karena jahe mengandung enzim pencernaan, yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.
  3. Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah, mencegahnya tersumbatnya pembuluh darah penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Gingerol juga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol.
  4. Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa yang dapat menyebabkan perut berkontraksi sehingga timbul rasa mual, ini termasuk mual akibat mabuk perjalanan. Ini juga bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil muda yang sering mual dan ada rasa ingin muntah terus.
  5. Memperkuat lambung dan membuatnya menjadi aman, Hal itu karena bisa merangsang selaput lender perut besar dan usus oleh minyak asiri yang dikeluarkan rimpang jahe. Selain itu jahe juga bisa meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.
  6. Jahe mengandung anti oksidan yang membantu mentralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.
  7. Membangkitkan gairah dan nafsu makan, karena jahe merangsang kelenjar pencernaan.
  8. Jahe juga bisa dipakai untuk mengobati batuk, flu, diare, dan penyakit radang sendi tulang.
  9. http://organ1k.blogspot.com
    Jahe 
  10. Jahe berfungsi juga membersihkan tubuh melalui keringat



Nah kita sampai pada Proses pembuatan WEDANG JAHE

Bahan Minuman :
  • 2 Ruas Jahe ukuran ibu jari, bakar lalu kupas kulitnya, cuci bersih lalu iris kira-kira setebal 1 cm, setelah itu memarkan
  • 1-2 butir cengkeh, cuci bersih tiriskan
  • 2 kelingking batang kayu manis, cuci lalu tiriskan
  • 2 ruas Kencur ukuran kelinking, kupas kulitnya, cuci bersih, lalu memarkan
  • Gula sesuai Selera, (bisa Gula Merah, Gula pasir atau gula batu) tapi menurut selera Saya gula batu lebih terasa nikmat
  • Air kira2 1 liter didihkani

Perhatian : Semua dicuci dengan air matang.



Cara membuat minuman wedang jahe :
  • Masukkan jahe,kencur, cengkeh, batang kayu manis,  ke dalam gelas lalu seduh dengan air mendidih.
  • Aduk-aduk sampai gula batunya larut.
  • Dan jahe agak ditekan-tekan sedikit supaya sarinya keluar. Minum hangat-hangat.
  • http://organ1k.blogspot.com
    Wedang Jahe
  • Kalau ingin lebih pedas, boleh digodog dulu sebentar dengan 300cc air sehingga sarinya jahe jadi lebih keluar lagi. Pertama godog dengan api besar dulu sampai mendidih, sambil dijaga jangan sampai mumbul, lalu kecilkan api, kemudian godog sekitar 10 menit.


    Tapi kalau ingin pedasnya sedang, tidak usah digodog, langsung seduh dengan air mendidih saja.
    Selesai, Share Cara Pembuatan Wedang Jahe beserta Manfaat dan Khasiatnya yang nikmat rasanya siap disajikan di malam hari yang dingin. Dapat menemani Kita malam yang dingin

    semoga apa yang Organik Share Berbagi Manfaat dan Khasiat  dari Alam tulis bisa Bermanfaat untuk kita semua


    0 comments:

    Post a Comment

    Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter