MANFAAT DAUN JAMBU BIJI by Organik Share

Organik Share - Daun jambu
Daun Jambu Biji
Organik Share Berbagi Manfaat dan Khasiat  dari Alam - Di Pembahasan Sebelumnya 
KANDUNGAN BUAH JAMBU BIJI sudah dijelaskan beberapa Manfaat daun jambu  biji misalnya untuk dodoran alami, mengobati luka memar dan sebagai obat diare. Sedangkan di artikel Manfaat Jambu Biji juga sudah ada beberapa manfaat daun ini seperti untuk mempercepat penyembuhan batuk, flu dan pilek. Untuk kepraktisan daun jambu biji biasa dikeringkan dan dibuat teh, jadi tinggal seduh saja sudah bisa mendapatkan khasiat yang terkandung didalamnya. Selain yang sudah disebutkan diatas, dibawah ini adalah beberapa khasiat daun jambu biji :

Diabetes
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yakult Central institute untuk penelitian mikrobiologi di tokyo, Jepang. Ditemuukan bahwa teh daun jambu biji efektif menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes. Khasiat daun jambu biji untuk diabetes ini diterbitkan pada tahun 2010 dalam "Nutrisi dan metabolisme". Meminum seduhannya dapat menghambat enzim alpha-glukosidase. Pengendalian kadar gula darah penting untuk orang dengan diabetes atau prediabetes sehingga tidak menimbulkan komplikasi.
Diare dan disentri
Manfaat Daun jambu Biji lainnya adalah menghentikan Diare dan disentri , karena Astrigent dalam daun jambu biji bersifat alkasi dan mampu membunuh kuman penyebab diare dan disentri. Rebusan beberapa lembar daun jambu biji saja sudah mampu menghentikan diare. Untuk khasiat daun jambu biji yang satu ini kebanyakan orang terutama orang jawa sudah tahu. Jamu daun jambu biji bisa diracik sendiri dirumah. Berikut ini adalah resep yang bisa dicoba dirumah : 
Organik Share - Daun jambu Biji
Daun jambu Biji
  • ambil daun jambu biji yang masih muda (utamakan yang pucuk), 2-3 lembar saja sudah cukup kemudian cuci bersih
  • Daun yang masih muda ini bisa dimakan langsung dengan sedikt garam untuk menyamarkan rasa aslinya atau bisa juga direbus
  • terlebih dahulu. Jika tersedia dalam bentuk teh maka cukup diseduh saja dengan air panas.
  • Apabila kurang suka dengan rasanya bisa menambahkan madu atau Gula sebagai pemanis.
Mencegah infeksi luka luar
Sebuah penelitian mengungkap di antara Manfaat daun jambu biji yaitu untuk mengobati luka luar seperti pada luka sayat, benturan, lecet dan lain sebagainya. Kandungan anti bakterinya mencegah infeksi dan kandungan steroid mengurangi peradangan sehingga mempercepat penyembuhan luka. Saat beraktifitas diluar ruangan dan sedang tidak menyediakan obat luka maka Manfaat daun jambu biji bisa dimanfaatkan dengan cara mengoleskan tumbukan daunnya.

Organik Share - Daun jambu Biji
Daun Jambu Biji
Sebagai Deodoran
Sebuah penelitian mengungkap bahwa diantara manfaat Daun Jambu biji yaitu dapat digunakan sebagai deodoran alami. Itu karena daun jambu biji yang bersifat anti-bakteri dapat melawan pertumbuhan Staphylococcus Epidermis yang merupakan penyebab bau badan.

Tim riset menyatakan bahwa dengan ditumbuk saja, kandungan daun jambu biji sudah dapat menghilangkan bau badan dan dapat menjaga kesehatan kulit. Ini tentunya merupakan nilai tambah. Penelitian ini berawal dari kebiasaan masyarakat Nusa Tenggara Barat tepatnya di  Desa Jorok, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa Besar. Mereka biasa menggunakan tumbukan daun jambu biji untuk dipakai di ketiak dengan tujuan untuk menghilangkan bau badan.

Manfaat daun jambu biji yang lain yaitu sebagai anti oksidan, merupakan bahan yang bersifat protektif terhadap sel. Meskipun kemampuannya lebih rendah dari vitamin E tetapi jangan lupa bahwa daun jambu biji memiliki kandungan lain yang bermafaat seperti disebutkan diatas sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam obat dan keperluan.



semoga apa yang Organik Share Berbagi Manfaat dan Khasiat  dari Alam tulis bisa Bermanfaat untuk kita semua

0 comments:

Post a Comment

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter