KANDUNGAN KACANG HIJAU

Organik Share - Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita, Supaya fisiknya menjadi kuat dan otaknya menjadi cerdas. berikut ini merupakan penjelasan mengenai kandungan nutrisi dan manfaat kacang hijau untuk kesehatan.

Kandungan Kacang Hijau merupakan sumber alternatif protein nabati. Kacang hijau mengandung protein tinggi sebanyak 7gr/100gr. Protein yang terkandung memiliki asam amino lengkap. Protein pada kecambah kacang hijau sudah berkurang jumlahnya yaitu hanya 3 gr/100 gr, tetapi asam aminonya sebagian dalam bentuk bebas yang cepat diserap tubuh.



Kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi sekitar 7,6gr/100gr. Kandungan serat ini bisa mencukupi kebutuhan serat harian Anda sebesar 30%. Serat berguna membantu tubuh melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi atau sembelit.

Kandungan Kacang Hijau berupa Karbohidrat adalah 19gr/100gr. Cukup rendah dan baik untuk dikonsumsi dalam program diet maupun program pembentukan badan (muscle building).

Kandungan Kacang Hijau berupa Asam lemak esensial adalah omega-3 (0,9 mg/100 gr) dan omega-6 (119 mg/100 gr). Omega 3 merupakan asam lemak yang berguna untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Kandungan Kacang Hijau berupa asam folat dan vitamin B (thiamin) yang tinggi yakni sebesar 0,2 mg/100 gr. Selain itu juga kaya vitamin B lain, seperti riboflavin, B6,asam pantothenat, serta niasin. Vitamin yang terkandung didalamnya membantu meningkatkan energi dan metabolisme tubuh.

Kacang hijau juga kaya akan mineral, dalam 100 gramnya mengandung potasium (266 mg), phosphorus (99mg), manganese (48 mg), kalsium (27 mg),magnesium (0,3 mg), besi (1,4 mg), zinc (0,8 mg) dan selenium (2,5 µg).
Kaya Enzim Aktif

Kandungan Kacang Hijau yang berkecambah yaitu Kaya akan enzim aktif seperti amilase yang meningkatkan penyerapan dan pembentukan energi. Enzim ini akan rusak pada suhu di atas 40C. Itulah sebabnya Anda disarankan menghindari memasaknya dengan suhu tinggi.

Kandungan Kacang Hijau yang sangat lengkap, maka tak heran bila kacang hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya, simak di Sini

Semoga Bermanfaat
Organik Share

0 comments:

Post a Comment

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter